Berbuka Puasa dengan Menu yang Sehat dan Bergizi

IMG-20240327-WA0004.jpg

Bulan Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Pada bulan ini, umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa. Umat muslim yang puasa diwajibkan untuk memperbanyak amal kebaikan, membantu sesama yang membutuhkan, melatih disiplin diri dan kekuatan fisik. Menahan diri dari makan dan minum selama selama berpuasa membutuhkan kekuatan fisik yang kuat.

Pada bulan suci ramadhan godaan rasa ingin kita terhadap makanan sangat besar, makanan dan minuman yang kurang sehat sangat terasa enak untuk di konsumsi, sehingga itu bisa menimbulkan penyakit-penyakit ditubuh kita.

Maka dari itu usahakan kita harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi pada saat berbuka puasa agar tubuh kita tetap terjaga seperti air putih, buah-buahan seperti kurma, semangka dan jeruk. Kemudian sayur- sayuran, daging ayam, serta ikan.

Adapula manfaat-manfaat dari mengonsumsi makanan tersebut seperti:

  1. Air putih

Air putih merupakan minuman berbuka yang sehat, air putih sangat dibutuhkan dalam tubuh karena tubuh kita kehilangan cairan selama beraktifitas. Saat puasa asuapn cairan dinjurkan tidak kurang dari 2 liter dalam sehari, atau setara dengan 8 gelas air putih. Panduan minumnya satu gelas setelah bangun sahur, selepas berbuka, saat berbuka puasa, setelah sholat magrib, setelah makan malam, setelah sholat isya, setelah sholat trawih, sebelum tidur. Jika tidak diganti maka akan menyebabkan dehidrasi sehingga berujung kondisi yang lebih serius.

  1. Buah-buahan

Buah merupakan makanan pembuka yang sumber baik dari air, glukosa, vitamin dan mineral Buah-buahan juga sangat penting pada saat berbuka mengonsumsi buah dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit yang hilang. seperti:

  • Kurma, selain memiliki rasa yang manis, kurma juga mengandung berbagai nutrisi seperti serat, protein dan mineral yang mengembalikan sember energi setelah berpuasa
  • Semangka, terkenal dengan kandungan air yang sangat banyak sehingga cocok dikonsumsi pada saat berbuka puasa kandungan didalam semangka terdapat vitamin, mineral dan senyawa antidioksidan yang dapat mengembalikan keseimbangn tubuh.
  • Jeruk, buah- buahan yang memiliki banyak khasiat. Jeruk juga merupakan buah sitrus yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi dan flu.
  1. Sayur-sayuran

Sayuran sangat penting bagi tubuh bukan hanya pelengkap makanan melainkan sumber nutrisi yang kaya dan penting bagi tubuh jika mengonsumsi rutin dapat memberikan danpak positif terhadap kesehatan fisik dan pencegahan penyakit.

  1. Daging Ayam

Mengonsumsi daging ayam juga baik untuk kesehatan, daging ayam mengandung Vitamin B6 yang diperlukan tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, lemak dan protein, memproduksi sel darah merah, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak yang baik bagi tubuh, sumber protein yang sehat, baik untuk tulang, mencegah penuaan dini, menyehatkan ontak, bagus untuk pertumbuhan tubuh dan membantu mencegah kanker. Ikan berperan penting untuk dalam pemenuhan sumber gizi.

Itulah beberapa makanan pembuka dan makanan sehat untuk kesehatan tubuh pada saat berbuka puasa. Untuk mempertahankan nilai gizi dan manfaatnya, sebaiknya makanlah makanan dalam bentuk yang masih segar. Namun jangan terlalu berlebihan agar berbuka puasa tetap menyehatkan.

(Diolah dari berbagai sumber)

Narasi : Salsa/ILB
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − five =

scroll to top
Bahasa »